bisnis jasa tulis artikel
Business, WordPress

Tips Bisnis Jasa Tulis Artikel [Laris Manis]

Wipme – Seiring pertumbukan media online yang kian pesat, ternyata bisnis jasa tulis artikel menjadi salah satu jenis bisnis yang patut untuk dilirik. Selain pasarnya yang kian membludak, bisnis semacam ini juga tergolong tak membutuhkan modal yang banyak. Cukup laptop dan jaringan internet.

Di tahun 2019 sendiri bisnis jasa tulis artikel pertumbuhannya 2 sampai 3 kali lebih banyak dari dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini didorong oleh banyaknya permintaan artikel sebagai salah satu konten utama dari media online.

Nah, buat Anda yang kalian yang ingin mencoba bisnis jasa tulis, baiknya simak terlebih dulu beberapa tips berikut ini.

Ciptakan Kepercayaan

Modal pertama yang dibutuhkan penyedia jasa tulis adalah kepercayaan. Sebelum kalian membuka jasa tulis artikel, bangunlah kepercayaan kepada pembaca blog atau orang lain pada kualitas artikel yang kalian tulis.

Dengan begitu, meski bisnis kalian baru pertama kali dipromosikan, baik via media sosial atau iklan, orang lain akan langsung percaya dengan jasa kalian.

Dari mana kepercayaan itu muncul?

Jawabannya adalah, kualitas artikel yang kalian tulis. Semakin bagus contoh artikel yang kalian tulis, semakin besar pula kepercayaan orang lain pada layanan yang kalian sediakan. Pun sebaliknya, sebanyak apapun layanannya, tapi jika kalian tak menyediakan contoh artikel, mustahil orang lain akan percaya dengan jasa yang kalian tawarkan.

Nah, untuk memperbagusi kualitas artikel, kalian bisa belajar menulis artikel SEO di situs PanduanMenulis.com. Disini kalian bisa belajar teknik menulis dari A sampai Z secara gratis dan realtime.

Buat Artikel Contoh

Sebelum orang lain menggunakan jasa kalian, pasti mereka ingin melihat contoh kualitas tulisan kalian terlebih dulu. Barulah setelah membaca contoh artikel yang kalian sediakan, orang akan memutuskan jadi atau tidaknya menggunakan jasa tulis kalian.

Disinilah poin penting membuat artikel contoh yang berkualitas.

Bila perlu, silahkan buat blog khusus yang memuat artikel-artikel contoh dari beragam niche yang kalian terima. Buat sebanyak-banyaknya dengan model penulisan yang beragam agar tingkat kepercayaan pelanggan meningkat.

Tulis artikel contoh yang sesuai dengan trend pasar. Misal artikel contoh niche wisata, kuliner, teknologi, kesehatan, pendidikan, internet marketing, gosip selebritis, hingga ke tingkat microniche.

Kata kuncinya adalah, berikan contoh sebanyak-banyaknya dengan model yang variatif agar pembaca bisa memilih gaya artikel yang diinginkannya. Selain itu, dengan contoh yang kalian sediakan pelanggan akan menilai bahwa kalian memang ahli dalam mengolah dan merangkai kata.

Bangun Landingpage yang Menarik

Setelah modal pertama dan kedua kalian dapatkan, bangun landingpage / web khusus yang menarik. Tidak bisa dipungkiri, mayoritas pelanggan baru tentu akan melihat keseriusan kalian dalam menjalankan bisnis, termasuk cara kalian berpromosi.

Jika kalian hanya mengandalkan media sosial, spam post di grup Facebook, atau spam inbox, besar kemungkinan bisnis yang kalian bangun akan stagnan, bahkan tak berjalan.

Cobalah tengok beberapa penyedia jasa tulis artikel yang berdiri 3 sampai 5 tahun belakangan, mereka semua pasti punya web khusus yang menarik dan profesional. Seperti Kontensiana, Penulis, Kontenium, maupun Indonesian Writer, semua memiliki web promosi yang bisa meyakinkan pelanggan baru.

Kualitas Layanan

Tahap 1 sampai 3 adalah tips agar transaksi pertama berhasil. Namun tak cukup sampai di situ, kalian tetap harus memberikan layanan yang berkualitas, lebih-lebih bergaransi.

Layanan yang berkualitas dalam bisnis jasa tulis artikel meliputi:

  1. Memberikan pelayanan pembuka saat pelanggan baru konsultasi
  2. Menyediakan layanan yang bervariatif sehingga pelanggan bisa menyesuaikan kebutuhan
  3. Memberikan garansi proses pengerjaan dan revisi artikel
  4. Jaminan original dalam proses pengerjaan (bukan copas)
  5. Memberikan nilai tambah, seperti gambar gratis
  6. Menyediakan metode pembayaran yang beragam, baik via no. rek, e-money, paypal dll
  7. Pengiriman artikel yang tepat waktu

Setidaknya kualitas layanan bisnis Anda bisa diukur dari ke-7 poin di atas.

Harga yang Relevan

Untuk meningkatkan penjualan tidak harus dengan membanting harga. Justru harga yang tidak relevan akan menurunkan kepercayaan pelanggan. Karenanya, harga yang relevan justru menjadi pemicu pelanggan baru jadi atau tidaknya memesan artikel pada kalian.

Lantas, berapa harga yang relevan untuk konten artikel?

Berikut rekomendasi dari kami;

  • 500 kata = Rp. 20.000
  • 600 kata =  Rp. 24.000
  • 700 kata =  Rp. 28.000
  • 800 kata =  Rp. 32.000
  • 900 kata = Rp. 36.000
  • 1000 kata =  Rp. 40.000

Per 100 kata kalian bisa menghargai Rp. 4000,- dan berlaku kelipatan. Ini harga standar yang dipatok mayoritas jasa penulis artikel profesional.

Oke, itulah 5 tips bisnis jasa tulis artikel dari Wipme. Jika kalian orang baru di bisnis ini, kelima tips di atas sangat penting untuk dipahami agar bisnis kalian lancar dan berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *