Dampak Bullying Bagi Korban Mulai Dari Depresi Hingga Bunuh Diri

0
295

Wipme.ID – Dampak Bullying Bagi Korban Mulai Dari Depresi Hingga Bunuh Diri – Akhir-akhir ini media sosial dihebohkan dengan adanya kasus pembullyan anak di bawah umur bernama Audrey. Kronologi dari kasus pembullyan yang terjadi dikarenakan masalah asmara dan saling komentar di media social, Kasus Audrey sempat menjadi salah satu topik terpopuler dunia di twitter, dengan tagar #JusticeForAudrey.

audrey-bully
Sumber : https://liputan6.com

Audrey dikeroyok setelah sebelumnya dijemput oleh para pelaku di rumahnya. Para pelaku yang berasal dari berbagai SMA di Pontianak ini menjemput dengan alasan ingin berbicara dengan Audrey.

Terlepas dari kasus pembullyan yang menimpa Audrey, Terdapat berbagai macam dampak yang ditimbulkan akibat kasus bullying. Dampak yang dialami korban bullying tersebut bukan hanya dampak fisik tapi juga dampak psikis. Bahkan dalam kasus-kasus yang ekstrim seperti insiden yang terjadi, dampak fisik ini bisa menyebabkan kematian.

Berikut pengaruh/dampak dari kasus bullying pada korban :

  1. Membenci lingkungan sosialnya

Perilaku yang didapatkan saat korban mendapat perlakuan buruk (pembullyan) dapat menimbulkan rasa membenci lingkungan sosialnya sendiri  dikarenakan korban menganggap lingkungannya akan memberikan pelakuan buruk terhadap dirinya.

  1. Gangguan psikologis, misalnya rasa cemas berlebihan, kesepian

Korban akan menjadi cemas berlebihan dan merasa kesepian disebabkan korban mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari pelaku bullying, Hal itu memicu korban memikirkan sesuatu yang belum pernah di pikirkan oleh korban.

Baca Juga : Hati-Hati Tindak Kejahatan Cyber Dengan Teknik Social Engineering

  1. Keinginan untuk bunuh diri

Hal yang paling fatal dari semua dampak bullying adalah keinginan untuk bunuh diri,dikarenakan korban merasa dirinya tidak berharga.

Berdasarkan pendapat di atas kita tahu bahwa bullying adalah perlakuan yang tercela, Dalam hal mengatasi efek bullying, waktu yang tepat sangatlah penting, seperti trauma psikologis lain, pemulihan lebih efektif jika penyembuhannya dimulai segera setelah pengalaman yang dapat merusak tersebut dialami, sebelum dampak negatif dan berbahaya dapat mengambil alih kehidupan mereka, maka dari itu kita harus menghimbau agar tidak terjadi kasus bullying di sekitar kita, jika kalian melihat perlakuan bullying di sekitar kalian, laporkan ke pihak yang berwajib. #StopBullying

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here