Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

0
28

Wipme.ID – Menjaga kehamilan memang sangat penting dan merupakan langkah unuk memastikan pembentukan dan perkembangan janin anda. Hamil muda atau awal kehamilan mungkin menjadi hal yang sangat membingungkan anda. Banyak sekali perubahan yang dialami saat hamil muda, sebaiknya ditanggapi dengan tepat untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

Bagaimana cara menjaga kehamilan agar tetap sehat?

Menjaga Kehamilan
Menjaga Kehamilan

Mungkin anda bingung karena anda pertama kali hamil di usia yang masih muda ini. Banyak sekali penyesuaian pada tubuh anda yang dipicu oleh perubahan hormon. Sebenarnya perubahan tersebut memiliki tujuan agar bayi dapat tumbuh dengan normal dan sehat. Banyak sekali ragam untuk cara menjaga kehamilan. berikut ini akan saya bagikan.

Baca Juga : Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Yang Tak Bisa Diragukan

Cara Menjaga kehamilan

1.Menghindari Asap Rokok dan Minuman Alkohol

Asap rokok salah satu penyebab keguguran, bayi akan terlahir secara prematur dan sebagainya. Selain rokok minuman beralkohol juga akan meningkatkan resiko pada berat bayi anda, bayi yang lahir akan memiliki berat yang rendah, serta menjadi hiperaktif.

2.Membatasi Kafein

Membatasi kafein juga penting, hal ini untuk menghindari resiko keguguran dan masalah lain dalam menjaga kehamilan anda. Selain itu sebaiknya anda menghindari kegiatan yang ada hubungannya dengan zar kimia contohnya cairan pestisida, pembersih dan lain sebagainya.

3.Kondisi Emosi Harus Dikendalikan

Perlu kita ketahui bahwa kehamilan sangat memicu berbagai emosi. Gembira, bersemangat, gelisah dan perubahan mood adalah salah satunya. Saya yakin anda sering cemas dengan kondisi kandungan anda karena baru pertama kami hamil. Dengan kondisi tersebut jangan sampai anda stres karena memikirkan kandungan anda. Nikmatilah semua proses dalam menjaga kehamilan, jangan terlalu memaksakan dan menghakimi diri sendiri. Sebaiknya anda sering konsultasi dengan dokter kandungan.

4.Selalu Waspada Mengenai Tanda-tanda Bahaya

Biasanya aan timbul pendaharan yang ringan untuk pertama kalinya, hal tersebut masih bisa di anggap normal. Anda harus tetap waspada jika pendarahan semakin banyak dan disertai rasa sakit, rasa sakit tersebut biasanya timbul di bagian perut. Anda juga harus mewaspadai jika cairan pada vagina tiba-tiba berubah warna, bau dan timbul rasa gatal. Hal tersebut bisa jadi terkena infeksi yang harus segera di tangani. Jika anda mual disertai dengan demam, detak jantung tak beraturan segeralah anda konsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Tips Penting Dalam Menjaga Kesehatan Saat Traveling

5.Periksa Ke Dokter

Cara menjaga kehamilan yang terahir adalah periksa kandungan adalah sesuatu hal yang wajib, lakukan pemeriksaan kandungan secara teratur. Pada umumnya pada saat anda perika yang pertama kalinya akan diperiksa mengenai usia kehamilan dan seputar kesehatan. Pemeriksaan awal pada kehamilan trimester biasanya mengidentifikasi faktor resiko dan memeriksa kelainan kromosom.

Hamil di saat muda memang perlu perhatian kusus, berbagai keluan pasti akan timbul dan kita harus bisa menyikapi hal tersebut dengan baik. Mungkin dengan kelima cara di atas akan membantu anda untuk menjaga kehamilan anda agar tetap sehat selalu. Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here