Gaya Hidup

Berikut Ini Beberapa Tips Agar Berotot Yang Ampuh

Tips Berotot

Tips Berotot – Beberapa orang menginginkan tubuh yang kekar dan berotot terutama kaum adam. Karena laki – laki yang berotot dan kekar terlihat atletis dan berkharisma sehingga dapat memikat para wanita. Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan tubuh yang berotot, antara lain :

Tips Berotot Secara Cepat

Tips Berotot

Tips Berotot | Sumber : https://sendoksayur.co.id/

1.Latihan Beban

Tips berotot yang pertama adalah latihan beban, yaitu latihan dengan menggunakan peralatan berat sebagai media. Contoh peralatan untuk melakukan latihan beban yaitu seperti barbel, dumbel, mesin yang menggunakan tali sehingga dapat membantu Anda untuk angkat beban. Selain latihan menggunakan media peralatan berat kita dapat melakukan latihan beban dengan olah tubuh lainnya seperti pull-up.

2.Memakan makanan yang mengandung banyak kalori

Makanan yang dapat menambah masa otot tubuh yaitu makanan yang mengandung banyak kalori tinggi. Jika Anda tidak memakan makanan yang mengandung kalori tinggi maka massa otot tubuh Anda tidak bertambah walaupun sudah melakukan berbagai macam latihan. Supaya Anda dapat membentuk otot-otot baru, Anda harus makan kalori yang lebih banyak dibanding kalori yang dibakar. Karena surplus (kelebihan kalori) tersebut dapat digunakan tubuh untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak saat melakukan latihan berat dan dapat membangun otot-otot baru.

3.Makan banyak protein

Protein memiliki peranan yang penting dalam membentuk otot-otot baru. Karena jika Anda hanya memakan makanan yang mengandung banyak kalori saja maka tubuh Anda tidak berotot melainkan gemuk. Sebab karbohidrat menyediakan energi bagi tubuh, sedangkan protein menyediakan asam amino untuk membangun dan memperbaiki otot tubuh. Protein yang diperlukan sekitar 40-60 gram setiap kali makan.

4.Makan lebih sering

Makan lebih sering sangat dianjurkan namun dalam tanda kutip dengan ketentuan kalori tertentu. Bila sehari makan tiga kali, maka setiap makan Anda harus memenuhi 1000 kalori yang terkandung dalam makanan tersebut. Karena tubuh Anda memerlukan 3000 kalori untuk membentuk otot baru.

  5 Tips Memilih Capres dan Cawapres yang Benar

5.Minum Air

Minum air dapat membantu untuk membuang toksin (racun tubuh) serta berfungsi untuk mencegah dehidrasi. Saat asupan protein yang tinggi untuk membentuk otot akan menghasilkan sisa metabolik (racun) yang harus dibuang. Untuk melarutkan atau membuang racun tersebut maka dibutuhkan air.

6.Makan cukup lemak

Lemak berperan penting dalam produksi hormon untuk pertumbuhan, kekuatan otot dan tulang. Lemak disini adalah lemak jenuh yang bisa diperoleh dari asam lemak omega 3, omega 6 misalnya dari ikan. Asam lemak ini meningkatkan produksi hormon testosterone, mencegah kerusakan otot, dan meningkatkan kadar HDL (kolestrol baik). Lemak yang diperlukan sekitar 20-30 gram setiap makan.

7.Minum multivitamin

Langkah selanjutnya adalah minum multivitamin. Kandungan multivitamin tersebut seperti vitamin A, C, E, Glutamin, Selenium yang penting untuk mencegah radikal bebas dan otot lebih mudah terbentuk setelah latihan beban .

8.Istirahat cukup

Setelah melakukan latihan dan menjaga asupan gizi makanan maka Anda memerlukan istirahat yang cukup bagi tubuh. Karena otot akan terbentuk saat tubuh istirahat bukan saat sedang latihan. Semakin berat latihan maka semakin banyak pula waktu istirahat yang diperlukan.

9.Konsisten

Kunci terakhir dalam membentuk otot adalah konsisten. Jika Anda tidak konsisten maka semua upaya yang dilakukan akan sia-sia. Serta asupan kalori dan lemak akan menumpuk di dalam tubuh dan membuat tubuh gemuk. Maka Anda harus kontinu dan konsisten dalam menjalankan tipsnya.

Tips tadi bisa dicoba. Dalam waktu 12 minggu biasanya hasil dari tips yang sudah Anda lakukan akan terlihat perubahannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top