Gaya Hidup

Memahami dan Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang dapat membantu seseorang agar hidup hemat dan mempunyai banyak waktu luang. Gaya hidup ini juga dapat diartikan sebagai perlawanan terhadap gaya hidup konsumerisme. Hal ini dilakukan dengan membatasi diri untuk membeli, memiliki atau mengonsumsi banyak hal. Sebab terkadang apa yang kita beli bukan karena kita butuh tetapi karena kita ingin mengikuti hawa nafsu saja. Lalu bagaimana caranya ? Terapkanlah langkah gaya hidup minimalis sebagai berikut :

Langkah Gaya Hidup Minimalis

1.Merapikan Kamar

Anda dapat memulai gaya hidup minimalis dengan merapikan kamar. Cobalah untuk membersihkan dan merapikan barang-barang Anda. Seperti membereskan lemari pakaian atau rak sepatu. Pilah pilih barang yang masih dan tidak dibutuhkan. Jadi, kamar Anda tidak lagi terlihat sempit dan menyesakkan. Anda juga akan menyadari seberapa banyak barang yang sudah dibeli tapi belum pernah digunakan. Cara ini diharapkan dapat mengurangi keinginan Anda untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan sehingga bisa lebih hemat.

2.Merawat Barang

Menjalani gaya hidup minimalis memang sulit. Apalagi jika belum terbiasa. Terutama dalam merawat barang. Setelah Anda mengurangi barang yang tidak dibutuhkan, maka Anda dapat lebih fokus dalam merawat barang-barang supaya barang lebih awet.

Baca Juga : Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Aman

3.Beli Barang Berkualitas

Tips gaya hidup minimalis yang ketiga yaitu membeli barang yang berkualitas. Biasanya orang-orang sering mencari barang yang murah agar dapat membeli barang sebanyak mungkin. Tetapi barang yang murah kualitasnya kurang bagus, sehingga lebih cepat rusak dan tidak awet. Jadi, mulai sekarang belilah barang yang berkualitas! Walaupun harganya mahal tetapi kualitasnya lebih bagus. Lebih baik Anda membeli barang dalam jumlah sedikit dan awet daripada banyak namun mudah rusak.

  Tips Penting Dalam Menjaga Kesehatan Saat Traveling

4.Bawa Barang Secukupnya Ketika Bepergian

Menerapkan gaya hidup minimalis ternyata sedang menjadi trend. Banyak artis yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti saat bepergian membawa barang yang sedikit. Terutama bagi Anda yang bepergian menggunakan pesawat. Rata-rata maskapai penerbangan hanya memberikan batas free untuk bagasi sebesar 20 kg. Jadi, usahakan bawaan barang Anda tidak lebih dari itu. Sehingga Anda tidak perlu membayar lebih.

5.Gunakan Barang Praktis dan Simpel

Trend gaya hidup minimalis diterapkan juga pada sebuah perusahaan untuk memproduksi barang praktis dan simpel. Sehingga dapat memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan. Contohnya seperti pisau yang memiliki kegunaan yang berbeda, untuk mengupas apel atau buah yang lain. Namun, jangan khawatir karena kegunaan tersebut dapat Anda ditemukan dalam sebuah pisau saja. Praktis dan simpel bukan ?! Jadi, gunakanlah barang praktis dan simpel!

Baca Juga : 5 Cara Untuk Menjaga Gaya Hidup yang Lebih Sehat

6.Kurangi Belanja Makanan

Menurut orang yang sudah berpengalaman dengan gaya hidup minimalis. Tips ini merupakan tips yang penting. Karena belanja makanan yang berlebih termasuk pemborosan. Jadi, Anda harus bisa mengurangi belanja makanan untuk mencegah pemborosan uang sehingga dapat mengurangi limbah makanan. Jangan terlalu mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak tetapi ternyata Anda tidak menghabiskan makanan tersebut. Sayang makanan itu akhirnya hanya akan terbuang, mubazir. Maka belanja makanan secukupnya saja, sesuai porsi Anda.

7.Terapkan aturan 90/90

Terapkan peraturan 90/90 ini untuk menjawab pertanyaan berikut :

  • Apakah barang Anda tersebut digunakan dalam 90 hari terakhir ?
  • Apakah Anda berencana untuk menggunakan barang tersebut dalam 90 hari berikutnya ?
  • Untuk benda musiman, misalnya sweater musim dingin, baju lebaran, dan jaket atau coat yang hanya dikenakan saat musim dingin. Apakah Anda masih memakainya tahun lalu ?
  • Apakah barang Anda selalu berada di laci atau tumpukan paling atas ?

Jika jawaban Anda sebagian besar tidak maka singkirkan barang tersebut, begitupun sebaliknya. Barang yang tidak dibutuhkan lagi dapat Anda sedekahkan kepada kaum duafa atau dapat dijual di garage sale.

  Wisata Terbaik Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Ketujuh tips tadi merupakan cara untuk menerapkan gaya hidup minimalis. Gaya hidup ini jika dilakukan dengan konsisten terbukti dapat meminimalkan pengeluaran uang harian, bulanan atau bahkan tahunan. Selamat menerapkannya dan semoga berhasil!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top