Lifestyle

Menjaga Kesegaran Saat Puasa Bisa Dilakukan Dengan Tips Ini!

menjaga kesegaran saat puasa

Tips menjaga kesegaran saat puasa – Berpuasa adalah salah satu ibadah bagi kaum muslim yang wajib dilakukan selama satu bulan dalam bulan Ramadhan tiap tahunnya. Berpuasa adalah menahan lapar, haus, serta menjaga amarah dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dalam rentan waktu yang cukup lama, tak heran jika banyak sekali orang-orang yang mengaku lelah dan lemas saat menjalani ibadah wajib ini.

Tips Efektif Dalam Menjaga Kesegaran Saat Puasa

Untuk mengantisipasi badan lelah dan lemas ketika puasa, Anda memerlukan beberapa Tips menjaga kesegaran tubuh. Untuk apa? Tentu supaya anda tetap bersemangat dalam menjalaninya. Berikut tips-tips tersebut :

1. Sahur dengan menu bergizi

Sahur, atau makan untuk mempersiapkan diri untuk berpuasa adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk menunaikan ibadah puasa. Bersahurlah dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga kesegaran saat puasa nanti.

Memperbanyak makan sayur dan buah dalam menu sahur bisa menjadi alternatif agar bisa menjalani puasa tanpa lemas dan lelah. Selain itu, hindarilah tidur setelah sahur. Tidur lagi hingga melewatkan waktu subuh dapat menjadi penyebab lemasnya seseorang saat berpuasa di siang hari.

2. Lakukan kegiatan fisik

Salah satu hal yang membuat seseorang merasa lelah adalah justru karena kurang gerak. Beraktivitas di pagi hari dapat Anda lakukan untuk menjaga kesegaran saat puasa. Jalan pagi ataupun berolahraga ringan setiap pagi dapat dilakukan untuk mengawali puasa.

Baca juga : Cara berpacaran di bulan ramadhan | Apakah harus putus?

Kurangi sifat bermalas masalan saat berpuasa. Selain berolahraga, kegiatan fisik lain seperti membaca atau membersihkan rumah dapat dijadikan alternatif kegiatan di siang hari agar tidak lelah dalam menjalani puasa.

  Menu Buka Puasa yang Sehat dan Bergizi tuh Seperti Ini!

3. Istirahat yang cukup

Beristirahatlah di siang hari dengan durasi waktu yang cukup. Hindari tidur menjelang waktu senja atau terbenamnya matahari. Istirahat di siang hari juga membantu seseorang untuk lebih rileks saat harus menjaga emosi agar tetap stabil.

4. Berbuka dengan yang manis

Awalilah berbuka dengan makan yang manis. Hal ini sangat disarankan untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bugar setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Perut yang kosong selama berpuasa, akan lebih mudah menerima asupan makanan jika dimulai dengan yang manis.

Demikian sedikit tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesegaran puasa pada saat bulan ramadhan agar puasa yang kita lakukan bisa berjalan maksimal tanpa lelah dan lemas yang mengganggu ibadah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top