Surat

Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri, dan Struktur Surat Pribadi

Pengertian, Fungsi, Macam-macam, Ciri-ciri, dan Struktur Surat Pribadi – Surat pribadi merupakan salah satu cara untuk menyampaikan informasi kepada siapapun, di zaman modern ini surat sudah mulai ditinggalkan dan digantikan oleh surat elektronik atau biasa dikenal dengan nama email. Walaupun begitu, surat juga masih dipakai loh contohnya saja oleh perusahaan, anak sekolah, guru, atau bahkan bisa seorang yang sedang menjalin cinta jarak jauh loh.

Nah, untuk itu Anda harus paham bahwa jenis surat itu ada banyak sesuai dengan pada siapa surat itu ditujukan dan apa tujuannya surat itu disampaikan, karena ada banyak perbedaan. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas lengkap mengenai surat pribadi.

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah salah satu jenis surat yang ditujukan kepada siapapun yang membahas tentang masalah pribadi ataupun cerita pribadi yang ingin disampaikan, biasanya tujuannya kepada pacar, orang tua, sahabat, teman, dan yang lainnya, dan bahasa yang digunakannya pun adalah bahasa sehari-hari.

Nah setelah Anda paham mengenai pengertian surat pribadi, berikut ini adalah berbagai macam fungsi surat pribadi.

Fungsi Surat Pribadi

Ada beberapa fungsi atau manfaat dari surat pribadi yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai media ekspresi, Jika Anda ingin mengekspresikan keadaan Anda pada saat itu, baik itu marah, kesal, sedih, senang, atau yang lainnya maka Anda bebas mengungkapkannya di surat pribadi tersebut.

2. Dapat menyampaikan informasi apapun, Karena surat pribadi dapat ditulis dengan bahasa yang tidak baku, maka Anda bebas untuk menyampaikan informasi apapun tanpa aturan, asal Anda harus tahu dahulu siapa yang akan menerima surat tersebut.

Macam-Macam Surat Pribadi

Surat pribadi juga dibagi menjadi 2 berdasarkan dengan isi dan sifatnya, yaitu:

1.Surat Pribadi Setengah Resmi

Yang dimaksud dengan surat pribadi setengah resmi adalah surat pribadi yang akan diberikan kepada suatu organisasi, instasi, dll. Tentu saja hal ini memerlukan bahasa yang sopan dan baku, ada beberapa contoh surat pribadi setengah resmi, yaitu surat lamaran kerja, surat permohonan, surat izin tidak masuk sekolah, surat izin cuti, dan surat lainnya. Ada banyak sekali contoh surat pribadi setengah resmi yang dapat Anda gunakan untuk keperluan.

2.Surat Pribadi Bersifat Kekeluargaan

Jenis surat pribadi yang kedua memungkinkan Anda untuk menggunakan bahasa baku maupun bahasa yang sering dipakai sehari-hari oleh Anda, contoh surat pribadi yang bersifat kekeluargaan adalah surat untuk teman, surat untuk sahabat, surat perkenalan, dan surat untuk orang tua. Tentu saja bahasanya disesuaikan yaa… Jangan sampai Anda menggunakan bahasa yang kurang sopan dalam membuat surat pribadi untuk orang tua hehehe….

Ciri-ciri Surat Pribadi

Surat pribadi memiliki 5 ciri mutlak yang membedakan antara surat pribadi dan surat jenis lainnya, berikut ciri-cirinya:

  1. Tidak memiliki kop surat atau kepala surat
  2. Tidak memiliki nomor surat
  3. Bahasa yang digunakan bisa baku maupun bahasa sehari-hari, disesuaikan dengan tujuannya
  4. Bersifat lebih bebas

Struktur Surat Pribadi

Struktur surat pribadi dengan sruktur surat jenis lainnya sebenarnya tidak terlalu berbeda, berikut 5 struktur surat pribadi:

  1. Alamat dan tanggal pembuatan surat
  2. Salam pembuka
  3. Paragraf pembuka
  4. Paragraf isi
  5. Paragraf penutup

Nah, sekarang Anda sudah paham menganai surat pribadi secara lengkap, dari mulai pengertian, fungsi, macam-macam, ciri-ciri, dan struktur surat pribadi. Jika Anda ingin mempelajari pelajaran sekolah lainnya, silahkan kunjungi Sudut Sekolah. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa untuk berkomentar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top