4 tempat wisata di sumatera barat
Berita, Travel

Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata di Sumatera Barat – Objek wisata di suatu kota banyak diolah dan dikembangkan untuk menarik pengunjung serta memakmurkan kota itu sendiri. Nah, jika sebuah kota telah maju dan berkembang, pasti akan membawa nama dari provinsi kota itu juga, termasuk salah satunya adalah provinsi sumatera barat. Berbagai kota dari provinsi  ini telah banyak memiliki berbagai macam tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Sumatera Barat

Nah, dikarenakan banyaknya tempat wisata yang ada di sumatera barat yang mungkin menjadikan pengunjung bingun. Dibawah ini ada beberapa objek wisata di sumatera barat yang wajib dikunjungi.

1.JAM GADANG DI BUKIT TINGGI

Salah satu kota yang terbilang terkenal dan dijadikan icon-nya sumatera barat adalah kota bukit tinggi. Kota ini menyimpan banyak sekali keindahan alam yang dibuat maupun yang terbentuk secara alami. Salah satu yang terkenal adalah jam gadang, jam gadang merupakan saksi bisu peninggalan sejarah penjajahan Belanda yang hingga kini masih ada. Jam gadang memiliki tinggi 26 meter dengan luas 13×4 meter. Keunikan dari jam gadang ini adalah ditulisnya angka romawi IV (empat) menjadi IIII, hal ini menjadikan jam ini unik karena bertuliakn romawi yang tak semestinya.

Baca Juga : Pulau Bair, Pulau Mirip Raja Ampat di Maluku

2.JANJANG SARIBU GREAT WALL OF KOTO GADANG

tempat wisata di sumatera barat

Yang kedua ada tembok chinanya sumatera barat. Bentuknya seperti tembok yang sangat panjang membentuk sebuah jalan dengan panjang 1 KM. banyak wisatawan yang tertarik untuk menelusuri tembok ini, dibutuhkan tenaga dan stamina yang kuat serta bekal minum yang cukup agar bisa menyelesaikan perjalanan dengan lancar. Pesona yang ditawarkan adalah keindahan pemandangan disekitar tembok yang mengiringi setiap langkah berjalan, serta adanya fenomena alam pengangkatan lempeng dan sembulan patahan-patahannya yang berbentuk bukit menambah keeksotisan dan keseruan perjalanan anda menyusuri tembok ini.

3.KEPULAUAN MENTAWAI

Pesona mentawai pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para traveller, apalagi para traveller dunia yang sangat mencintai pesona alam. Menatwai menjadi jawaban atas hausnya para wisatawan untuk menghirup udara alam dan menikmati alam dengan cara membaur dengan alam. Mentawai menyajikan sebuah pantai yang indah dengan ombak yang cukup menantang dibeberapa tempat.

Baca Juga : Belajar Sopan Santun Dari Cerita Horror KKN Desa Penari

Menatwai memiliki 4 buah bagian pulau yaitu pulau siberut, pulau pagai utara, pulau pagai selatan, dan pulau sipora. Disana ada banyak titik surfing yang sangat diminati, ada sekitar 400 titik yang bisa dipilih oleh para peselancar. Mereka bisa memilih tingkatan ombak dari mulai yang rendah, sedang,  hingga ombak yang sangat memicu adrenalin bagi penikmatnya.

4.ISTANA PAGARUYUNG

 

Masih kentalnya nuansa kebudayaan yang ada di sumatera barat menjadikan masyarakatnya begitu mencintai dan sangat menjaga segala hal yang berhubungan dengan budaya dan adat sumatera barat, salah satunya adalah rumah adat. Salah satu peninggalan rumah adat yang hingga  kini masih ada ialah Istano Basa atau Istana Pagaruyung. Letaknya berada di Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Dikelilingi pemandangan yang sejuk menjadikan istana ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, berbagai peralatan dan perlengkapan kerajaan masih tersimpan rapi di istana ini, sebagai bukti nyata adanya kerajaan Pagaruyung pada masanya dan telah memberikan budaya Minangkabau pada istananya.

Baca Juga : Pantai Kuri, Spot Sunset Keren di Maros, Sulawesi Selatan

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di sumatera barat, wajib dikunjungi dan jangan lupa diabadikan didalam jepretan foto. Keindahan sebuah tempat takkan bisa seindah yang semestinya jika hanya dibiarkan dan terus dinikmati, perlu adanya kerjasama  antara alam yang telah ada dengan campur tangan manusia sebagai ‘pengindahnya’, bukan sebagai pemilik atau bahkan ‘penguasanya’. Semoga bermanfaat, selamat berbaur dengan alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *